Pelalawan Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri 2015

Bupati Pelalawan, HM Harris saat menghadiri Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015, Jumat (6/06/2015).

Pangkalan Kerinci (Bidikonline.com)
- Bupati Pelalawan, HM Harris memberikan apresiasi mendalam atas keberhasilan Pelalawan dalam meraih penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup, yakni Adiwiyata Mandiri.

"Penghargaan ini tentunya mengharumkan nama daerah kita pelawan di tingkat nasional," ungkap Bupati Harris saat menghadiri acara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2015, di Istana Bogor, Jumat (6/06/2015).

Sekolah penerima Adiwiyata Mandiri ini, lanjut Bupati Harris merupakan sekolah berwawasan lingkungan hidup.

"Semoga sekolah-sekolah di Pelalawan bisa terpacu semangatnya untuk berprestasi di tingkat nasional dengan menciptakan keramahan lingkungan," harapnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Samsul Anwar, yang turut mendampingi Bupati Harris pada acara tersebut menjelaskan, bahwa penghargaan ini berdasarkan penilaian dari Kementeian LH dan Kehutanan sesuai dengan usulan yang disampaikan Provinsi.

"Provinsi yang melanjutkan usulan Pelalawan tersebut ke Pusat dan diberikan penilaian oleh Kementerian LH dan Kehutanan" jelas Samsul Anwar.

Ketika ditanya apa kriteria untuk mendapatkan Adiwiyata Mandiri ini, dengan Samsul mengatakan untuk mendapatkan penghargaan Adiwiyata mandiri, sekolah harus meraih Adiwiyata Nasional terlebih dahulu.

"Tahun 2013 lalu kita telah mendapatkan Adiwiyata Nasional," imbuhnya.

Penghargaan ini diberikan bersempenaan dengan Hari Lingkungan Sedunia. Sebanyak 95 sekolah menerima penghargaan yang terdiri dari 20 Kabupaten/Kota.

Acara diselenggarakan oleh Menteri Sekretaris Negara RI dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Selain Bupati Harris dan Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pelalawan Samsul Anwar, turut hadir juga Kepala Disdik Pelalawan, MD Rizal.(grc/boc)